BAB
I
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Mengenalkan Konsep Hubungan Geometri dan Ruang
pada anak usia dini. Pengertian yang dimaksud di sini adalah anak mengenal
bentuk-bentuk geometri (segitiga, segi empat, persegi, lingkaran) yang sama
dan posisi dirinya dalam suatu ruang. Anak bisa paham tentang pengertian ruang
yang dimaksud di sini ketika mereka sadar akan posisi dirinya dihubungkan
dengan benda-benda dan penataan di sekelilingnya. Anak belajar tentang
lokasi/tempat dan letak/posisi, seperti: di atas, di bawah, pada, di dalam, di
luar. Selain itu, anak juga belajar tentang pengertian jarak, seperti: dekat,
jauh, dll.
Mengenalkan hubungan geometri dan ruang pada
anak bisa dilakukan dengan cara mengajak anak bermain sambil mengamati berbagai
benda di sekelilingnya. Anak akan belajar bahwa benda yang satu mempunyai
bentuk yang sama dengan benda yang satunya. Ketika anak melihat buah apel dan
bercerita, “Buah apel ini bentuknya seperti bola,” maka sebenarnya anak sedang mengembangkan
pengertian tentang geometri. Orang tua yang memiliki anak usia 1-3 tahun dapat
menyediakan balok-balok lunak atau kardus-kardus bekas obat dari berbagai
ukuran agar anak bisa bereksplorasi dan membangun.
Mengembangkan Konsep Hubungan Geometri dan
Ruang pada anak usia dini. Anak belajar mengenal bentuk-bentuk dan penataan di
lingkungan sekitar. Saat anak bermain dengan balok, cat lukis, menggambar,
menggunting bentuk-bentuk geometri, mengembalikan balok ke rak, sebenarnya anak
sedang belajar tentang bangun datar dan bangun ruang serta kegunaannya.
Pertama anak belajar mengenal bentuk-bentuk sederhana (segitiga, lingkaran,
segi empat). Kedua, anak belajar tentang ciri-ciri dari setiap bentuk geometri.
Selanjutnya, anak belajar menerapkan pengetahuannya untuk berkreasi membangun
dengan bentuk-bentuk geometri.
Beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan
orangtua untuk mengembangkan hubungan geometri dan ruang pada anak:
1.
Mengajak anak bermain meniup busa sabun
menggunakan sedotan plastik yang ditekukan pada bagian ujungnya sehingga
membentuk lingkaran lalu diikatkan ke batang sedotan. Ajak anak mengamati bahwa
bentuk gelembung-gelembung sabun yang ditiup anak seperti bentuk lingkaran.
2.
Sediakan kardus-kardus bekas (obat, susu),
botol-botol plastik, sedotan plastik, kertaswarna, dll. Ajak anak untuk
membangun sebuah halaman impian untuk tempat bermainnya menggunakan
barang-barang bekas tersebut.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
yang dimaksud bentuk geometri itu?
2.
Bagaimana
cara menggambar bentuk-bentuk geometri dan contoh-contoh dalam kehidupan
sehari-hari?
C.
Tujuan
1.
Untuk
memperkenalkan kepada anak tentang bentuk geometri.
2.
Untuk
memprkenalkan kepada anak tentang caramenggambar bentuk-bentuk geometri dan apa saja
contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Memperkenalkan
bentuk geometri pada anak dengan cara bermain
Tahukan
kalian bahwa Angka, Aritmatika, Aljabar, Geometri dan Trigonometri itu bisa
diajarkan untuk anak usia dini, tentunya kita harus tahu dulu pengertian dari
masing-masing tersebut. Setelah itu kita bisa mengajarkannya sesuai dengan
usianya. Di sini kami hanya akan menjelaskan tentang Geometri. Sebagai guru
PAUD, kita harus mempunyai strategi yang mudah diterima untuk peserta didik
dalam mengajar agar mereka tidak merasa bosan. Maka dari itu, kami membuat
suatu permainan untuk mengenalkan bentuk geometri kepada anak. Permainan ini
bernama “papan ajaib”. Berikut penjelasannya:
Deskripsi Material
a. Papan ajaib adalah permaianan untuk mengenalkan konsep trigonometri
melalui geometri. Trigonometri adalah bagian dari geometri.
b. Permainan papan ajaib menggunakan papan dari kayu yang dilubangi. Pada
baris pertama terdapat 2 lubang, baris kedua terdapat 3 lubang dan baris ketiga
terdapat 3 lubang, sehingga jumlah lubang pada papan ajaib adalah 7 lubang.
(sebenarnya lubang pada baris pertama merupakan kesalahan, tapi masih bisa
digunakan).
c. Lubang pada papan ajaib digunakan untuk menyambungkan pita agar terbentuk
suatu geometri.
d. Bahan dari papan ajaib adalah papan kayu yang dilubangi, pita yang sudah
dipotong sesuai dengan bentuk geometri, perekat, lem bakar, lilin dan karambol.
Sifat Permainan
Permainan ini dapat dimainkan secara individual,
kelompok maupun klasikal.
Ini contoh gambar/foto Papan Ajaib
Salah satu contohnya dengan membentuk persegi:
*
Jelaskan
kepada anak bahwa kita akan membuat bentuk persegi. Kemudian buatlah garis
lurus menggunakan pita.

![]() |
Jadilah bentuk persegi. Ini merupakan konsep pengenalan geometri.
B.
Ilustrasi benda
yang berbentuk geometri sesuai fungsinya yang memudahkan Anak Usia Dini untuk
memahami bentuknya.
1)
Macam-macam bangun datar
a) Trapesium
Adalah bangun datar segi empat
dengan dua buah sisinya yang berhadapan sejajar.
Langkah-langkah menggambar trapesium
:
1.
Gambarlah
dua garis sejajar

2.
Lalu
gambar sebuah garis yang menghubungkan dua garis yang sejajar tersebut

3.
Lalu
gambar sebuah garis lagi diantara dua garis sejajar tersebut sebagai alasnya

Beberapa contoh benda yang berbentuk
trapesium :
1.
Atap
Rumah
![]() |
2.
Sapu
![]() |
![]() |
||
3.
Cikrak

4.
Kapal
Laut
![]() |
b) Layang-layang
![]() |
Bangun datar layang-layang adalah bangun
yang terdiri dari dua segitiga.Tetapi segitiga yang bawah lebih panjang daripada
segitiga yang atas.
Bangun datar layang-layang itu seperti
layang-layang yang biyasanya dipakai anak laki-laki bermain saat musim kemarau dan
didaratkan pakai benang jika ada angin layang-layang tersebut bisa terbang
tinggi seperti burung.




Cara untuk membuat segitiga yang
kedua juga sama dengan segitiga yang kesatu tapi hadap bawah dan panjangnya
lebih panjang dari segitiga yang kesatunya.
c)
Persegi

![]() |
|||
![]() |
|||
Nah, anak-anak gambar persegi ini
termasuk dalam jenis bangun datar. Bangun persegi terdiri dari 4 garis diantaranya 2 garis vertical dan 2 garis horizontal yang sama lurus saling
bersambung yang nantinya akan membentuk sebuah gambar persegi. Bentuk persegi
bisa juga seperti kotak. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak juga contoh benda
yang berbentuk persegi misalnya buku tulis, bingkai foto(figura),keramik
lantai,dll. Dari gambar diatas bisa kita lihat bahwa, gambar persegi itu
bentuknya mirip dengan sebuah buku tulis
karena bentuknya sama-sama kotak. Buku tulis mempunyai fungsi untuk mencatat
semua pelajaran atau materi tentang apa yang didapat disekolah.
Langkah-langkah membuat persegi :
1.
Buatlah
4 titik yang jaraknya sama panjang, berilah masing-masing titik tersebut dengan
huruf A,B,C,D.
![]() |
2.
Hubungkan
ke empat titik tersebut dengan suatu garis lurus. Sehingga membentuk garis
horizontal yang sejajar yaitu garis AB dan CD.
![]() |
3.




Kemudian hubungkan dengan garis tegak lurus atau garis vertical
antara titik A ke titik D, begitu juga dengan titik B ke titik C.





4.
Jadilah
suatu bangun datar sebuah persegi.
![]() |
d) 
Persegi panjang


![]() |
Ini gambar Persegi Panjang. Persegi
panjang merupakan bangun datar yang
memiliki 4 garis diantaranya 2
garis vertical yang panjang dan 2 garis
vertical yang tidak sama panjang dari garis horizontal tadi. Garis-garis
tersebut akan disambungkan menjadi sebuah bentuk persegi panjang. Bentuk
persegi panjang memiliki banyak contoh yang menyerupai benda-benda disekitar
kita misalnya buku gambar, pintu, jendala, televisi, meja panjang, penghapus,
dll. Dari gambar diatas, bentuk persegi panjang misalnya pintu karena bentuknya
sama-sama panjang. Pintu memiliki fungsi yaitu sebagai jalan utama keluar masuk
rumah.
Langkah – langkah membuat persegi
panjang:
1.
|



|
2.
Buatlah
kembali dua titik yang sejajar di bawahnya dengan jarak ½ dari panjang garis
AB. Setelah itu, tandai titik tersebut dengan huruf C dan D, kemudian hubungkan
dengan satu garis lurus dari titik C ke titik D, sehingga membentuk satu garis
lurus CD.
![]() |
|||
![]() |
3.
Dari
kedua garis tersebut akan membentuk garis sejajar antara garis AB dan garis CD.
4.
Hubungkan
antara titik A dengan titik D dan titik B dengan titik C. Sehingga akan
membentuk garis lurus vertical AD dan BC.

|
5.
|
|
|
|
|
e) Lingkaran
Lingkaran
adalah sebuah bentuk yang tidak memiliki sudut. Di lingkungan kita banyak sekali
benda yang berbentuk lingkaran diantaranya adalah :
Ø
Uang Logam

Ø
Roda

Ø Jam dinding
Ø Donat
Langkah-langkah
membuat lingkaran
a. Kita mulai dari sebuah titik
.
b. Lalu dari titik tersebut kita buat
setengah lingkaran ke arah kanan.


c. Lalu dari titik tersebut kita buat
setengah lingkaran lagi ke arah kiri.



d. jadilah bentuk lingkaran.
2)
Macam-macam bangun ruang
a)
Kerucut
Langkah-langkah membuat kerucut :
1.
Buatlah
suatu titik pada kertas
.
2.
Buatlah
lingkaran berbentuk agak memanjang atau sering di sebut oval di sekitar titik

.
3.

Buatlah
segitiga diatas oval. Ingat ya, sudut paling ats segitiga harus lurus dengan
titik awal tadi agar kerucutnya sempurna


![]() |
Nah, setelah mengetahui gambar
kerucut, benda-benda apa saja yang kalian ketahui seperti kerucut?
Salah satunya yang paling kalian
ketahui adalah topi ulang tahun. Namun selain itu juga ada banyak antara lain
ada menara, marka jalan, nasi tumpeng, ice cream, dan lain-lain.
b)
Bola

Contohnya :



Dari sinilah seorang anak akan
berusaha mengembangkan pengertian tentang geometri.
Cara menggambar bola :
1.
Kita
memulai dengan sebuah titik
2.
Kemudian,
kita menggambar setengah lengkungan dibagian kiri
3.
Setelah
itu, kita menggambar setengah lengkungan dibagian kanan
4.
Jadilah
bola
c)
Kubus
Kubus adalah bangun ruang
yang terdiri diri dari enam sisi. sisi bagian depan, belakang, kiri, kanan,
atas, dan bawah. Kubus memiliki rusuk 12, sudut 8, diagonal sisi 12, diagonal
ruang 4, sudut 8, luas dan volume.

1.

Buat garis lurus ke bawah


2.
Buat garis lurus kesamping dengan cara menarik
ujung garis lurus tersebut
![]() |
3.
Buat garis miring disetiap
ujung kotak

![]() |
4.










Lalu tambahkan
garis lurus sesuai dengan ujung garis miring tersebut.












d)
Tabung
Langkah-langkah membuat tabung

Anak-anak mari kita membuat bangun
tabung yang bentuknya seperti kaleng susu,yang pertama yang kita buat yaitu membuat lingkaran sebagai
tutup tabung ,cara membuat lingkaranya itu kita membuat tanda titik (.) di sebelah kiri dan kanan ,terus kita membuat
garis melengkung diatas dan di bawah,hingga membentuk lingkaran.Setelah itu
kita membuat bangun persegi panjang.Cara
membuat persegi panjang yaitu dari tanda
titik(.) lingkaran yang tadi ditarik garis ke bawah kanan dan kiri dan harus
sama panjangnya (sejajar),terus kita membuat lingkaran tadi dibawah sebagai
alasnya,caranya sama seperti tadi, kita tinggal membuat garis melengkung ke
atas dan ke bawah hingga menjadi lingkaran.jika sudah jadi maka bentuknya
seperti kaleng susu.mudah kan langkahnya anak-anak?
Anak-anak mari kita mempelajari
gambar-gambar yang menyerupai tabung,bentuknya seperti kaleng susu,toples
(tempat snack) ,gelas dan bambu.yang benda
tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti kaleng susu yang memiliki
fungsi sebagai tempat penyimpanan susu formula, toples memiliki fungsi sebagai
tempat makanan ringan atau permen, gelas memiliki fungsi sebagai tempat air
untuk minum,bambu memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan uang,pensil dll.
e)
Balok
Langkah – langkah
membuat balok :
![]() |
1.
Buat garis lurus ke bawah
![]() |
|||
![]() |
|||
2.
Buat garis lurus kesamping lebih panjang dengan
cara menarik ujung garis lurus tersebut
![]() |
3. Buat garis miring disetiap ujung persegi panjang
![]() |
4.



Lalu tambahkan
garis lurus sesuai dengan ujung garis miring tersebut.




![]() |




![]() |
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Mengenalkan hubungan geometri dan
ruang pada anak bisa dilakukan dengan cara mengajak anak bermain sambil
mengamati berbagai benda di sekelilingnya.
2. Pertama anak belajar mengenal
bentuk-bentuk sederhana (segitiga, lingkaran, segi empat). Kedua, anak belajar
tentang ciri-ciri dari setiap bentuk geometri. Selanjutnya, anak belajar
menerapkan pengetahuannya untuk berkreasi membangun dengan bentuk-bentuk
geometri.
B.
Saran
1. Orang tua yang memiliki anak usia
1-3 tahun dapat menyediakan balok-balok lunak atau kardus-kardus bekas obat
dari berbagai ukuran agar anak bisa bereksplorasi dan membangun.
2. Mengajarkan
menggambar pada anak usia dini harus melewati tahap-tahap yang dasar agar anak
dapat mengerti dan tidak bingung.
Casino at O'Connell - MapyRO
BalasHapusMapyRO 구미 출장샵 is a fun and easy-to-use, online 화성 출장안마 casino that offers 양주 출장샵 fast withdrawals, amazing 안성 출장샵 promotions 상주 출장안마 and a fantastic customer experience. Find your location now!