Jumat, 18 Oktober 2013

maklah pengenalan geometri pada AUD

BAB I
Pendahuluan

A.      Latar Belakang
Mengenalkan Konsep Hubungan Geometri dan Ruang pada anak usia dini. Pengertian yang dimaksud di sini adalah anak mengenal bentuk-bentuk geometri (segitiga, segi empat, persegi, ling­karan) yang sama dan posisi dirinya dalam suatu ruang. Anak bisa paham tentang pengertian ruang yang dimaksud di sini ketika mereka sadar akan posisi dirinya dihubungkan dengan benda-benda dan penataan di sekelilingnya. Anak belajar ten­tang lokasi/tempat dan letak/posisi, seperti: di atas, di bawah, pada, di dalam, di luar. Selain itu, anak juga belajar tentang pengertian jarak, seperti: dekat, jauh, dll.
Mengenalkan hubungan geometri dan ruang pada anak bisa dilakukan dengan cara mengajak anak bermain sambil mengamati berbagai benda di sekelilingnya. Anak akan be­lajar bahwa benda yang satu mempunyai bentuk yang sama dengan benda yang satunya. Ketika anak melihat buah apel dan bercerita, “Buah apel ini bentuknya seperti bola,” maka sebenarnya anak sedang mengembangkan pengertian ten­tang geometri. Orang tua yang memiliki anak usia 1-3 tahun dapat menyediakan balok-balok lunak atau kardus-kardus be­kas obat dari berbagai ukuran agar anak bisa bereksplorasi dan membangun.
Mengembangkan Konsep Hubungan Geometri dan Ruang pada anak usia dini. Anak belajar mengenal bentuk-bentuk dan penataan di lingkungan sekitar. Saat anak bermain dengan balok, cat lukis, menggambar, menggunting bentuk-bentuk geometri, mengembalikan balok ke rak, sebenarnya anak sedang bela­jar tentang bangun datar dan bangun ruang serta kegunaan­nya. Pertama anak belajar mengenal bentuk-bentuk seder­hana (segitiga, lingkaran, segi empat). Kedua, anak belajar tentang ciri-ciri dari setiap bentuk geometri. Selanjutnya, anak belajar menerapkan pengetahuannya untuk berkreasi mem­bangun dengan bentuk-bentuk geometri.
Beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan orangtua untuk mengembangkan hubungan geometri dan ruang pada anak:
1.    Mengajak anak bermain meniup busa sabun menggunakan sedotan plastik yang ditekukan pada bagian ujungnya sehingga membentuk lingkaran lalu diikatkan ke batang sedotan. Ajak anak mengamati bahwa bentuk gelembung-gelembung sabun yang ditiup anak seperti bentuk lingkaran.
2.    Sediakan kardus-kardus bekas (obat, susu), botol-botol plastik, sedotan plastik, kertaswarna, dll. Ajak anak untuk membangun sebuah halaman impian untuk tempat bermainnya menggunakan barang-barang bekas tersebut.

B.       Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud bentuk geometri itu?
2.    Bagaimana cara menggambar bentuk-bentuk geometri dan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari?

C.      Tujuan
1.    Untuk memperkenalkan kepada anak tentang bentuk geometri.
2.    Untuk memprkenalkan kepada anak tentang caramenggambar  bentuk-bentuk geometri dan apa saja contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari.











BAB II
PEMBAHASAN

A.  Memperkenalkan bentuk geometri pada anak dengan cara bermain
Tahukan kalian bahwa Angka, Aritmatika, Aljabar, Geometri dan Trigonometri itu bisa diajarkan untuk anak usia dini, tentunya kita harus tahu dulu pengertian dari masing-masing tersebut. Setelah itu kita bisa mengajarkannya sesuai dengan usianya. Di sini kami hanya akan menjelaskan tentang Geometri. Sebagai guru PAUD, kita harus mempunyai strategi yang mudah diterima untuk peserta didik dalam mengajar agar mereka tidak merasa bosan. Maka dari itu, kami membuat suatu permainan untuk mengenalkan bentuk geometri kepada anak. Permainan ini bernama “papan ajaib”. Berikut penjelasannya:
Deskripsi Material
a.    Papan ajaib adalah permaianan untuk mengenalkan konsep trigonometri melalui geometri. Trigonometri adalah bagian dari geometri.  
b.    Permainan papan ajaib menggunakan papan dari kayu yang dilubangi. Pada baris pertama terdapat 2 lubang, baris kedua terdapat 3 lubang dan baris ketiga terdapat 3 lubang, sehingga jumlah lubang pada papan ajaib adalah 7 lubang. (sebenarnya lubang pada baris pertama merupakan kesalahan, tapi masih bisa digunakan).
c.    Lubang pada papan ajaib digunakan untuk menyambungkan pita agar terbentuk suatu geometri.
d.   Bahan dari papan ajaib adalah papan kayu yang dilubangi, pita yang sudah dipotong sesuai dengan bentuk geometri, perekat, lem bakar, lilin dan karambol.
Sifat Permainan
Permainan ini dapat dimainkan secara individual, kelompok maupun klasikal.



Ini contoh gambar/foto Papan Ajaib
Salah satu contohnya dengan membentuk persegi:
*      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhALQ0k5GywhChHRHOj_a83MOqQjb0zMvSTG7e7nR_w9-kC_MchvQ7EOlRd2Dlhj8_HultQZZGAX9ot-QREwJ8GFeGUxuuje1fhlnl9yqTEPewUKSKxZkhFa8rYWJfjQ12wAp2Xt3egJ1g/s320/140620122149.jpgIni adalah bahan-bahan dari papan ajaib





*      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj823MHnk0gFoHyyWo8I_WV834FlGacQhz9A6DXj1BmAqymSbHOckchXDDZPhVREvxQUTMszi9Sps_SsDlUDtFX4gsyDiGBlIAWjKcvlJ8vdkKDJr6nE8Vz0LhHoWReRtNaU87q2iyrO_Y/s320/140620122150.jpgJelaskan kepada anak bahwa kita akan membuat bentuk persegi. Kemudian buatlah garis lurus menggunakan pita.





*      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZwTsJdyyx7C_5EQ1niwczZSgOAFpAy9dRuFToR3smbX9Nzfiz_hFQCwLUxUnd7bs1wJcynbJiBNNwYWdKhCMf5WD0fcUJkH1Ky27wtoYJqmSLJr4CF_GPChJiG3jV3eMlufDbYj_DJlM/s320/140620122151.jpgSetelah membuat garis lurus, buat garis tegak lurus menggunakan pita.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbJxqOtVZnCCqeU8qr4-u-E9P2PPy-1nKITbvWq8jGcy7IuLMBQyeRbZ1dC6xjNp4BOPQJ181AIfnQr4lNIazGdfQLU0XaBBd-fKqJjk5LZVUlB05YpUgRHdLT-sjB6N4vqQxLQVWIChM/s320/140620122152.jpg
 






*      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrRhADZkOdTjrx9OiPQ_A2DkdJCx0-aNigl89bOBOgkXmGQ1BJsdHxXq74XKCsS2BaqrdwIZSIYUZbZJg-Mj3bmxksSkhSGx7YsKtc9DjK1Qa9iNatEi8iTqmqUiX62bosrHkE-EqE6PY/s320/140620122153.jpgBuat garis lagi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbJxqOtVZnCCqeU8qr4-u-E9P2PPy-1nKITbvWq8jGcy7IuLMBQyeRbZ1dC6xjNp4BOPQJ181AIfnQr4lNIazGdfQLU0XaBBd-fKqJjk5LZVUlB05YpUgRHdLT-sjB6N4vqQxLQVWIChM/s320/140620122152.jpg
Jadilah bentuk persegi. Ini merupakan konsep pengenalan geometri.


B.  Ilustrasi benda yang berbentuk geometri sesuai fungsinya yang memudahkan Anak Usia Dini untuk memahami bentuknya.

1)      Macam-macam bangun datar
a)  Trapesium
Adalah bangun datar segi empat dengan dua buah sisinya yang berhadapan sejajar.
Langkah-langkah menggambar trapesium :
1.         Gambarlah dua garis sejajar



2.         Lalu gambar sebuah garis yang menghubungkan dua garis yang sejajar tersebut


3.         Lalu gambar sebuah garis lagi diantara dua garis sejajar tersebut sebagai alasnya



Beberapa contoh benda yang berbentuk trapesium :
1.    Atap Rumah


desain-rumah-minimalis-8.jpg
 









2.    Sapu





1065564_foto001j.jpg
sapu-ijuk-lurus-31.jpg

 






3.    seroksampah.jpgCikrak





4.    Kapal Laut


Pekka's foto1_1_0.jpg
 






b)  Layang-layang


 








Bangun datar layang-layang adalah bangun yang terdiri dari dua segitiga.Tetapi segitiga yang bawah lebih panjang daripada segitiga yang atas.
Bangun datar layang-layang itu seperti layang-layang yang biyasanya dipakai anak laki-laki bermain saat musim kemarau dan didaratkan pakai benang jika ada angin layang-layang tersebut bisa terbang tinggi seperti burung.
Cara membuatnya yang pertama mari kita membuat garis miring kiri dan kedua garis miring kanan dan tutup dengan garis lurus tidur.
                                                               
                                                                jadi

Cara untuk membuat segitiga yang kedua juga sama dengan segitiga yang kesatu tapi hadap bawah dan panjangnya lebih panjang dari segitiga yang kesatunya.

c)   http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSmtK3ETuBJMMqVi_Z7sNrTDjBccfovo77yPlmyEER4eEba5GIpPersegi






http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS4-a_lSYEjRtxB_itO-xeVFEe-XHX4gZXQyJYlm8DQypDwkwSc

http://www.blograzzi.net/wp-content/uploads/2011/04/arrow.jpg

 
                      



Nah, anak-anak gambar persegi ini termasuk dalam jenis bangun datar. Bangun persegi terdiri dari 4 garis diantaranya  2 garis vertical dan  2 garis horizontal yang sama lurus saling bersambung yang nantinya akan membentuk sebuah gambar persegi. Bentuk persegi bisa juga seperti kotak. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak juga contoh benda yang berbentuk persegi misalnya buku tulis, bingkai foto(figura),keramik lantai,dll. Dari gambar diatas bisa kita lihat bahwa, gambar persegi itu bentuknya  mirip dengan sebuah buku tulis karena bentuknya sama-sama kotak. Buku tulis mempunyai fungsi untuk mencatat semua pelajaran atau materi tentang apa yang didapat disekolah.


Langkah-langkah membuat persegi :
1. Buatlah 4 titik yang jaraknya sama panjang, berilah masing-masing titik tersebut dengan huruf A,B,C,D.


 




2. Hubungkan ke empat titik tersebut dengan suatu garis lurus. Sehingga membentuk garis horizontal yang sejajar yaitu garis AB dan CD.


 





3. Kemudian hubungkan dengan garis tegak lurus atau garis vertical antara titik A ke titik D, begitu juga dengan titik B ke titik C.




4. Jadilah suatu bangun datar sebuah persegi.


 










d)  ANd9GcSWoAy9JdyR2vEF83pV35YB9HT40xvEUDzykS9pNLfZ1byO2u2NPAPersegi panjang


arrow
 





Ini gambar Persegi Panjang. Persegi panjang merupakan bangun datar yang  memiliki 4 garis  diantaranya 2 garis vertical yang panjang dan 2  garis vertical yang tidak sama panjang dari garis horizontal tadi. Garis-garis tersebut akan disambungkan menjadi sebuah bentuk persegi panjang. Bentuk persegi panjang memiliki banyak contoh yang menyerupai benda-benda disekitar kita misalnya buku gambar, pintu, jendala, televisi, meja panjang, penghapus, dll. Dari gambar diatas, bentuk persegi panjang misalnya pintu karena bentuknya sama-sama panjang. Pintu memiliki fungsi yaitu sebagai jalan utama keluar masuk rumah.
Langkah – langkah membuat persegi panjang:
1.   
A
 
B
 
Buatlah dua titik sejajar, untuk mempermudah tandai titik tersebut dengan  huruf A dan B, kemudian hubungkan dengan satu garis lurus dari titik A ke titik B, sehingga membentuk satu garis lurus AB.


2.    Buatlah kembali dua titik yang sejajar di bawahnya dengan jarak ½ dari panjang garis AB. Setelah itu, tandai titik tersebut dengan huruf C dan D, kemudian hubungkan dengan satu garis lurus dari titik C ke titik D, sehingga membentuk satu garis lurus CD.








 




3.    Dari kedua garis tersebut akan membentuk garis sejajar antara garis AB dan garis CD.
4.    Hubungkan antara titik A dengan titik D dan titik B dengan titik C. Sehingga akan membentuk garis lurus vertical AD dan BC.
D
 





5.   
A
 
B
 
Jadilah bangun datar sebuah persegi panjang.



 
 



C
 
D
 

e)   Lingkaran
Lingkaran adalah sebuah bentuk yang tidak memiliki sudut. Di lingkungan kita banyak sekali benda yang berbentuk lingkaran diantaranya adalah :
Ø Uang Logam



Ø Roda




Ø Jam dinding
Ø Donat




Langkah-langkah membuat lingkaran
a.    Kita mulai dari sebuah titik
                     .
b.    Lalu dari titik tersebut kita buat setengah lingkaran ke arah kanan.
              .



c.    Lalu dari titik tersebut kita buat setengah lingkaran lagi ke arah kiri.
                 .



d.   jadilah bentuk lingkaran.

2)      Macam-macam  bangun ruang
a)  Kerucut
Langkah-langkah membuat kerucut :
1.   Buatlah suatu titik pada kertas
.
2.   Buatlah lingkaran berbentuk agak memanjang atau sering di sebut oval di sekitar titik
.
3.   Buatlah segitiga diatas oval. Ingat ya, sudut paling ats segitiga harus lurus dengan titik awal tadi agar kerucutnya sempurna




 


Nah, setelah mengetahui gambar kerucut, benda-benda apa saja yang kalian ketahui seperti kerucut?
Salah satunya yang paling kalian ketahui adalah topi ulang tahun. Namun selain itu juga ada banyak antara lain ada menara, marka jalan, nasi tumpeng, ice cream, dan lain-lain.

b)       Bola




Contohnya :
*      Ketika anak melihat buah apel, maka kita akan bercerita “Buah apel ini bentuknya seperti bola”.
*      Saat anak kita ajak untuk melihat sepak bola, maka kita akan bercerita “Bulat-bulat yang melayang itu, bentuknya seperti bola”.
*      Saat kita mengajak anak untuk bermain busa sabun diluar, kita ajak anak untuk mengamati gelembung-gelembung busa tersebut dan kita beri pengertian kepada anak bahwasanya “Lihat ada banyak bola yang terbang di langit”, padahal sebenarnya itu hanya sebuah gelembung-gelembung dari busa yang ditiup.
Dari sinilah seorang anak akan berusaha mengembangkan pengertian tentang geometri.
Cara menggambar bola :
1.      Kita memulai dengan sebuah titik
2.      Kemudian, kita menggambar setengah lengkungan dibagian kiri
3.      Setelah itu, kita menggambar setengah lengkungan dibagian kanan
4.      Jadilah bola

c)        Kubus
Kubus adalah bangun ruang yang terdiri diri dari enam sisi. sisi bagian depan, belakang, kiri, kanan, atas, dan bawah. Kubus memiliki rusuk 12, sudut 8, diagonal sisi 12, diagonal ruang 4, sudut 8, luas dan volume.
 Langkah – langkah membuat kubus :




1.      Buat garis lurus ke bawah



2.      Buat garis lurus kesamping dengan cara menarik ujung garis lurus tersebut


 





3.      Buat garis miring disetiap ujung kotak


 




4.      Lalu tambahkan garis lurus sesuai dengan ujung garis miring tersebut.









d)       Tabung
Langkah-langkah membuat tabung






Anak-anak mari kita membuat bangun tabung yang bentuknya  seperti kaleng susu,yang pertama yang kita buat yaitu membuat lingkaran sebagai tutup tabung ,cara membuat lingkaranya itu kita membuat tanda titik (.)  di sebelah kiri dan kanan ,terus kita membuat garis melengkung diatas dan di bawah,hingga membentuk lingkaran.Setelah itu kita membuat bangun persegi  panjang.Cara membuat persegi panjang yaitu dari  tanda titik(.) lingkaran yang tadi ditarik garis ke bawah kanan dan kiri dan harus sama panjangnya (sejajar),terus kita membuat lingkaran tadi dibawah sebagai alasnya,caranya sama seperti tadi, kita tinggal membuat garis melengkung ke atas dan ke bawah hingga menjadi lingkaran.jika sudah jadi maka bentuknya seperti kaleng susu.mudah kan langkahnya anak-anak?
Anak-anak mari kita mempelajari gambar-gambar yang menyerupai tabung,bentuknya seperti kaleng susu,toples (tempat snack) ,gelas dan bambu.yang benda tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti kaleng susu yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan susu formula, toples memiliki fungsi sebagai tempat makanan ringan atau permen, gelas memiliki fungsi sebagai tempat air untuk minum,bambu memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan uang,pensil dll.



e)        Balok
 Langkah – langkah membuat balok :


 




1.      Buat garis lurus ke bawah








 



2.      Buat garis lurus kesamping lebih panjang dengan cara menarik ujung garis lurus tersebut


 




3.      Buat garis miring disetiap ujung persegi panjang


 




4.      Lalu tambahkan garis lurus sesuai dengan ujung garis miring tersebut.


 




 






BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.    Mengenalkan hubungan geometri dan ruang pada anak bisa dilakukan dengan cara mengajak anak bermain sambil mengamati berbagai benda di sekelilingnya.
2.    Pertama anak belajar mengenal bentuk-bentuk seder­hana (segitiga, lingkaran, segi empat). Kedua, anak belajar tentang ciri-ciri dari setiap bentuk geometri. Selanjutnya, anak belajar menerapkan pengetahuannya untuk berkreasi mem­bangun dengan bentuk-bentuk geometri.

B.     Saran
1.    Orang tua yang memiliki anak usia 1-3 tahun dapat menyediakan balok-balok lunak atau kardus-kardus be­kas obat dari berbagai ukuran agar anak bisa bereksplorasi dan membangun.
2.    Mengajarkan menggambar pada anak usia dini harus melewati tahap-tahap yang dasar agar anak dapat mengerti dan tidak bingung.

 

1 komentar:

  1. Casino at O'Connell - MapyRO
    MapyRO 구미 출장샵 is a fun and easy-to-use, online 화성 출장안마 casino that offers 양주 출장샵 fast withdrawals, amazing 안성 출장샵 promotions 상주 출장안마 and a fantastic customer experience. Find your location now!

    BalasHapus